Home > SEO > Tips SEO: Apa itu Link Juice

Tips SEO: Apa itu Link Juice

Link juice adalah istilah sehari-hari di dunia SEO yang mengacu pada kekuatan atau ekuitas dilewatkan ke sebuah situs melalui link dari sumber eksternal atau internal. Kekuatan ini ditafsirkan sebagai suara rekomendasi terhadap situs Anda dan merupakan salah satu faktor paling penting dalam menentukan pencarian situs Anda peringkat (dan PageRank).

Dalam dunia Search Engine Optimization (SEO), salah satu hal yang paling penting adalah mendapati website Anda untuk menjadi yang pertama terdaftar di situs mesin pencari. Jika muncul di halaman pertama atau dua dari Google atau Yahoo, misalnya, lebih banyak orang cenderung untuk mengunjungi situs Anda. Istilah Link juice secara langsung berhubungan dalam SEO, karena ini adalah jus yang akan menaikkan peringkat Anda dan membawa pengunjung ke website Anda.

seo cara buat link juice

ilustrasi link juice

Greg Boser, yang merupakan konsultan SEO, disebut-sebut sebagai inisiator istilah link juice, dan sejak itu di Internet lazim ditemui istilah link juice terutama di dunia SEO. Pada dasarnya link juice menjadi hal yang sangat Anda cari, bukan? Berapa jumlah situs yang memberikan link ke halaman Anda. Semakin banyak link yang Anda miliki, terutama dari tempat-tempat yang terkait, semakin besar visibilitas dan halaman web peringkat Anda.

Anda bisa mendapatkan Link Juice dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya dapat dihasilkan sendiri dengan mengirimkan ke situs media sosial seperti Digg, Reddit, dan Buzz. Masalahnya adalah bahwa Anda harus mendapatkan orang lain untuk merekomendasikan Anda dari halaman ini sehingga profil halaman Anda mulai tumbuh, dan ini adalah variabel. Cara lain agar Anda bisa mendapatkan link juice adalah dengan meminta orang-orang dengan halaman terkait untuk memberikan link ke Anda, dan kadang-kadang Anda mungkin dapat blog di situs lain di mana Anda dapat menyebutkan pekerjaan Anda sendiri.

Cara Mencari Sumber Link Juice

Anda bisa mendapatkan jus link dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya dapat dihasilkan sendiri dengan mengirimkan ke situs media sosial seperti Digg, Reddit, dan Buzz. Masalahnya adalah bahwa Anda harus mendapatkan orang lain untuk merekomendasikan Anda dari halaman ini sehingga profil halaman Anda mulai tumbuh, dan ini adalah variabel. Cara lain Anda bisa mendapatkan link juice adalah dengan meminta orang-orang dengan halaman terkait untuk memberikan link ke Anda, dan kadang-kadang Anda mungkin dapat blog di situs lain di mana Anda dapat menyebutkan pekerjaan Anda sendiri.

Meskipun banyak, itu berasal dari kemampuan Anda untuk membuat halaman yang benar-benar indah dan membantu orang lain tentu akan menghasilkan banyak orang tertarik. Daripada blogging tentang halaman Anda, Anda dapat menulis dengan orang lain yang menjalankan situs serupa dengan Anda, meskipun tidak identik, dan meminta orang-orang untuk mengunjungi halaman Anda. Karena banyak orang mendapatkan permintaan untuk melihat halaman blog, terutama jika mereka memiliki peringkat SEO yang tinggi, dapat membantu untuk membangun peringkat blog anda dan menyediakan konten yang benar-benar baik. Jika Anda hanya membuat halaman yang isinya iklan semua, (tentu itu bukan ide bagus), konten penting atau bahkan asli sekalipun, jangan berharap orang lain akan sering-sering berkunjung apalagi mengutip.

Saat Anda membangun halaman web, penting untuk mengambil keuntungan dari jaringan sosial di Internet untuk membangun link juice lebih. Jangan lupa nilai berbagai halaman web yang dibangun oleh teman-teman dan keluarga. Mendapatkan beberapa link ke situs Anda pada awalnya, bahkan jika mereka datang dari teman-teman di MySpace atau Facebook, benar-benar dapat meningkatkan profilnya, dan mudah-mudahan akan menyebabkan orang lain melihat situs Anda.

Itulah sedikit ulasan mengenal apa itu link juice dan bagaimana membuat link juice yang berkualitas baik.

Categories: SEO Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: