Home > SEO > Pengalaman Optimasi Prestashop (2)

Pengalaman Optimasi Prestashop (2)

Masih tentang optimasi Prestashop, saya masih penasaran untuk mengoptimasi toko online clodaclodi yang menjual cloth diaper supaya bercokol di google page one (GPO). Ketika pertama membuat situs itu, optimasi menggunakan kata clodi dan saat ini sudah muncul di GPO meski belum urutan satu. Maklum, saingannya pada pake wordpress, hehehe..

Setelah melihat pasar ternyata mayoritas konsumen cloth diaper mengetikkan kata cloth diaper di mesin pencari. Tantangan berikutnya adalah mengoptimasi Toko Cloth Diaper Murah-Clodaclodi untuk keyword cloth diaper. Jujur lumayan sulit dan berat untuk seoran gaptek dibidang SEO. Yang penting sih coba aja, kalo cara A gak bisa ya ganti cara B. Kalo masih gagal ya ganti cara C, begitu dan seterusnya sampai jebol pertahanan GPO.

Struktur web
Setelah belajar serius, ternyata robot google bisanya hanya membaca dari kiri kekanan seperti kalo kita membaca huruf abjad. Dan ternyata situsku belum memenhi syarat struktur yang baik. Selain itu, logo yang dipasang tidak memiliki meta tags yang menjual. Untuk itu, kembai ke oprek-oprek dan aku ganti titelnya yang tadinya nama situs menjadi keyword yang menjual.

Clodi
Keyword ini saya analisis berkali-kali. Di otak-atik berkalikali pula. Header.tpl dioprek sampai bosen. maish juga tidak beranjak niak dari posisi 5 GPO.Sebut saja situs A, B, C, dan D. Tiga menggunakan wordpress dan satu menggunakan blogspot. WordPress sudah diakui oleh Matt Cutts (orang google) sebagai platform yang SEO banget. Sementara blogspot adalah milik google. Jadi saya pikir wajar saja jika sulit mengalahkan mereka.

Perjuangan belum berakhir. Selain ngoprek daleman script, saya juga menganalisis faktor luarnya (off-page optimization). Secara PR, situsku sama dengan yang lain nilainya 1. Tapi entah satu itu 1,… atau 0,9….

Berikutnya aku cek backlink pakai toolnya google bukan pakai yang lain. Hanya satu situs yang punya backlink berkualitas versi google, itupun hanya satu. Mungkin di sini situs saya masih kalah. Dan setelah dicermati, satu link itu berasal dari situs ber-PR 4. Dan saya pun ber-Ooooooo……., jadi gitu toh. Punya backlink dari PR 4. Aku juga mau cari ah….

Cloth Diaper
Perjuangan optimasi dengan keyword cloth diaper lebih berat lagi mengingat kompetisi lebih ramai. Terkhir kali ngecek, situsku muncul di halaman 7 google. Awalnya hanya pasrah. Tapi demi mendatangkan fulus lebih banyak, aku beranikan untuk menembus GPO. Dengan oprek-oprek lagi, tes lagi, memang ada peningkatan lumayan signifikan. Situsku mulai merangkak naik mendekati GPO.

Testimoni: jujur, dulu kenapa memilih prestashop adalah karena fiturnya yang kumplit untuk versi gratisan yang kompak. Pernah nyobain WP pake plugin WPEC tapi harus nyerah pada tampilan yang kurang bagus untuk theme gratisan. Dan memang praktisi prestashop juga mengakui diperlukan usaha lebih jika ingin bertarung SEO dengan WP atau blogspot.

Dan…perjuangan belum final. Sampai ketemu di tulisan sejenis ketika situsku sudah di GPO dengan cloth diaper.

Categories: SEO Tags: ,
  1. May 28, 2012 at 2:14 pm

    pake prestashop ya mas….kayak apa hasilnya mas tokonya…sy jg punya tokoonline tp masih belum nangkring di urutan atas naik turun di posisi 5-8…padahal sudah pake wordpress…sukses ya gan denagn tokonya….lg banyak cr link nih…hehe…suwun

    mukena cantik|mukena

    • abbaz
      May 28, 2012 at 4:45 pm

      yup, aku pake PS 1.3.1, nama clodaclodi.com. Di ranking 1 halaman 1 sih belum. Tp setidaknya uda di page one dulu. Apalagi prestashop, secara bawaan maish inferior dr WP.btw kta kuncinya apa mas yg gamiscantik itu?

  2. junika
    June 11, 2012 at 7:24 pm

    agan kalo contoh format excel buat produk gmn yuaa..
    cape kalo masukin satu satu
    thank

    • abbaz
      December 31, 2012 at 4:22 pm

      bisa pake google docs, trus copy aja (embed) kodenya.

  3. June 25, 2012 at 3:22 pm

    sungguh benar benar perjuangan luar biasa……………kalo aku udah mpe mentok begadang terus mpe pagi bos!! alhamdulilah belum nongol samasekali

  4. June 26, 2012 at 1:37 pm

    web http://clodaclodi.com/ bagus,mau tanya mas gimana cara buat kategori nya seperti yang di website http://clodaclodi.com/,kalo bawaan prestashop nya kan mesti di klik dulu baru keluar sub kategori nya,

    Terima kasih

    • abbaz
      June 27, 2012 at 4:35 am

      uda ada pilihannya di BackOffice, ada tree atau dropdown. Kalo aku pake yang tree, biar untuk percepat loading. Trims ya…

  5. July 6, 2012 at 10:41 am

    Sama ne gan pake prestashop juga. klo mau sharing sama agan dmn ya gan? Webnya si agan keren gan

    • abbaz
      December 31, 2012 at 4:28 pm

      clodaclodi.com

  6. September 28, 2012 at 9:18 pm

    saya sangat menyukai prestashop utk on page sangat SEO Friendly , ditambah SEO Off page, buat backlink yang berkualitas,Alhamdulillah belasan keyword masuk TOP 10 Google, dan lebih 5 Keyword masuk Top 5 Google. Jilbab Kerudung

  7. December 29, 2012 at 4:47 pm

    emangnya pake prestashop,nama title pengaruh buat SEo yah??

    • abbaz
      December 29, 2012 at 11:47 pm

      kata para ahli sih gitu. Kalau kata yg dibidik muncul di title berarti khan lebih duluan kebaca sama search engine dibanding kalo kata yang ditarget munculnya diakhir deskripsi ^_^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: