Home > Bisnis online > Follow up Order Toko Online

Follow up Order Toko Online

Toko online memiliki ciri khas dibanding toko offline. Dalam prakteknya, sebuah toko online yang menyediakan fasilitas otomatis dari pemilihan produk, pembayaran, hingga pengiriman memerlukan pengawalan atau monitoring sejauh mana sebuah order mulai hingga barang terkirim.

Pengawalan itu dari sisi pembeli adalah sebuah kewajiban karena semua proses pemesanan, pembayaran, dan penerimaan terkait langsung dengan mereka. Dari sisi penjual, mungkin tidak semua proses menjadi kewajiban atau hanya berhenti sebatas layanan tambahan. Yang selalu dipantau oleh penjual adalah order, pembayaran, dan info jasa kurir. Selebihnya dibiarkan berjalan alami. Dari sisi pembeli, menginformasikan pesanan telah sampai kepada pembeli memberikan nilai lebih. Sedang penjual memastikan telah terkirim menjadi satu layanan tambahan bahwa pelanggan benar-benar diperhatikan.

Tidak banyak toko online yang ‘mau’ memastikan bahwa pesanan telah terkirim. Saya sebagai pengelola toko online penyedia cloth diapers CLodaCLodi.com sedang belajar bagaimana memantau pergerakan pengiriman pesanan.

CLodaCLodi.com berbasis prestashop. dan ternyata, di dalamnya sudah tertanam fitur pengiriman pesan otomatis tentang follow up pengiriman pesanan. Sebelum mengenal fitur ini, saya harus berkali-kali masuk cpanel dan mengetik email dari sana.

Follow up pesanan berjalan bagus jika pelanggan memesan produk, konfirmasi pembayaran, dan feedback pesanan dikirim dari dua arah. Dengan demikian, baik pembeli atau penjual sama-sama merasa perlu untuk memberi umpan-balik.

Sejauh ini saya baru memperoleh beberapa pembeli saja yang benar-benar menggunakan fitur otomatis. Sebab kebanyakan order datang via sms atau telepon. Entah karena belum terbiasa dengan fitur prestashop atau karena tidak paham fitur prestashop.

Fitur ini bisa diakses melalui backoffice>order. Pada menu orders akan muncul banyak record pembelian. Pilih salah satu dengan mengeklik view details. Fitur message terdapat di pojok kiri bawah. Jika pembeli memasukkan pesan untuk produk yang dibeli, akan muncul pesan baru. Berikutnya jika pembeli melakukan konfirmasi pembelian melalui member area, kembali akan muncul pesan baru. Penjual bisa menginformasikan proses pengiriman kurir melalui menu ini juga sehingga pembeli akan menerima email yang berisi no resi pengiriman.

Demikian berjalan hingga barang telah benar-benar terkirim. Proses ini memerlukan alokasi waktu khusus, jika pesanan yang masuk banyak, otomatis semakin banyak pula waktu yang diperlukan. Namun dibalik itu semua, proses ini menjadi salah satu nilai lebih bagi pelanggan.

  1. February 13, 2012 at 3:51 pm

    nambah lagi nih ilmu, makasih infonya mas..
    artikel yang bermanfaat : )

  2. January 16, 2013 at 12:49 pm

    Thank you….bisa diamalkan nih…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: