Home > SEO > Berkah Algoritma Panda

Berkah Algoritma Panda

Tahun lalu, 2011, google membuat manuver luar biasa. Manuver tersebut berisi kebijakan di dunia maya yang terbukti memberangus blog-blog bermutu rendah karena dianggap menyesatkan. Namun bukan tanpa maksud, tujuan google membuat kebijakan baru yang dinamakan algoritma panda bertujuan membuat aktivitas blogging yang lebih bermanfaat.

Sebelum ada algoritma panda, banyak blogger baik baru atau berpengalaman sangat getol berburu backlink untuk menaikkan pamor blog/web. Pamor ini bisa dilihat dari SERP google. Masukkan kata kunci di kolom pencarian. Jika web/blog sohib muncul di google page one itu artinya web/blog anda bermutu. Benarkah demikian?

Dengan berbagai kemudahan berkreasi dan mendatangkan uang melalui adsense, pada titik tertentu memunculkan ide kreatif nan licik blogger. blogging yang awalnya ditujukan untuk berbagi jadi mengalami pergeseran makna terbukti beberapa blogger tidak peduli dengan isi blognya apalagi kualitasnya, malah lebih fokus bagaimana mendatangkan traffic dan memancing pengunjung untuk mengeklik iklan. Tak jarang pula banyak web/blog palsu nan menipu hanya berisi beberapa konten dan berbaris-baris iklan.

Saat itu mungkin dianggap biasa dan masih dalam level wajar. Hingga akhirnya ada tren tersendiri yang patut dicurigai. Dan google membuat kebijakan sepihak menutup fasilitas di india. Ketika tulisan ini dibuat, india masih terkena larangan fasilitas google adsense.

Bagaimana dengan indonesia? Sepertinya ada kemiriman karakter blogger india dan indonesia. Namun entah mengapa, di indonesia tidak sampai di ban total. Hanya blog abal-abal saja yang disuspend sehingga tidak lagi mendapat kunjungan dari mesin pencari.

Jika mengamati pencarian di google pada pertengahan 2011 dengan saat ini, pasti ada perbedaan. Saya sendiri dulu sempat frustasi untuk satu kata yang dibidik untuk berlangsungnya toko online clodaclodi.com. Dengan jasa backlink, saya sempat membayar 100ribu rupiah untuk memperoleh sejumlah backlink yang katanya ampuh mendongkrak performa web.

Selang sebulan berjalan, mulai kelihatan perubahan. Dengan kata kunci clodi, clodaclodi.com bisa naik ke halaman 3 SERP google dari yang tadinya di halaman 5. Beberapa waktu kemudian selalu memantau perkembangan performa web. Bersamaan dengan itu, saya mengenal seo onpage dan off page.

Hasil yang luar bisa (menurut saya) terlihat di januari 2012 ini. Boleh lah mengawali tahun dengan pencapaian baru ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮. Ketika blog-blog bermutu rendah diberangus oleh google, naiklah clodaclodi.com ke peijwan dengan kata kunci clodi. ​​اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنِ…disambung lg kapan2

Categories: SEO Tags: , , ,
  1. February 22, 2012 at 5:51 am

    menarik, tanks busana muslim

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: