Home > SEO > Link Afiliasi vs SEO

Link Afiliasi vs SEO

SEO atau Search Engine Optimization bisa dipahami bagaimana supaya sebuah blog/web dikenal baik oleh mesin pencari alias SEO friendly. Kenapa sebuah blog harus SEO freindly? Tak lain adalah agar kunjungan yang berasal dari search engine tinggi.

Banyak hal yang mempengaruhi kualitas SEO sebuah blog. Setiap search engine biasanya menjelaskan apa saja kriteria sebuah blog yang SEO friendly.

Kali ini ABF membahas hubungan affiliate link atau link afiliasi dengan SEO. Kalau yang ini berasal dari coba-coba dan pengalaman. Maklum, agak lesma buat baca sekian banyak teorinya. ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮… Setelah beberapa bulan berjalan, traffic ABF menunjukkan peningkatan seiring dengan aktivitas blogwalking dan bertambahnya inbound link. Namun ternyata hingga satu saat peningkatan itu idle alias mentok dan gak naik lagi. Setelah muter-muter dan belajar dari para master ternyata link afiliasi berpengaruh besar.

Salah satu tanda blog sohib dikenal baik oleh search engine jika banyak traffic masuk yang berasal dari sana. Jika kebanyakan masih direct link atau dari referrer berarti belum berkawan baik dengan search engine. Beberapa minggu terakhir ini ABF rutin memantau sumber datangnya traffic.

Setelah dicek dengan kesadaran penuh, ABF punya empat link afiliasi dengan posisi yang berbeda. Dulu tidak sengaja menghapus satu link, ada peningkatan walau tidak drastis. Setelah menghapus link kedua ternyata lebih kelihatan lagi naiknya. Hingga akhirnya saya putuskan untuk menghapus keempat link tersebut.

Dari model link yang saya dapat, ternyata ada bermacam-macam juga. Link afiliasi yang menawarkan peningkatan traffic atau model penjualan secara referral sangat tidak disukai. Mungkin dianggap sebagai cara instan. Sementara search engine menghargai proses dan kualitas sebuah blog.

Adapun link afiliasi tertentu sepertinya masih dimaafkan dan dianggap teman oleh search engine. Yang mana saja? Mungkin masih perlu riset lagi (kayak profesor aja, ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ”̮). Demikian ulasan hubungan antara link afiliasi dan SEO.

Categories: SEO Tags: , ,
  1. November 25, 2011 at 11:12 pm

    kalau link dari blog yang blm ngetop berpengaruh gak ya…

  2. November 26, 2011 at 2:43 am

    Jika yang dimaksud adalah backlink, blog yang belum ngetop kurang diakui oleh simbah. Sebenarnya baru atau tidak itu relatif, intinya adalah cari backlink dari blog yang dofollow, kalau yang nofollow masih belum dihargai, hiks…hiks… .

  1. December 10, 2011 at 4:17 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: