Home > Motivasi Bisnis, Perilaku Manusia, Website Bisnis > Tren Bacaan Masyarakat

Tren Bacaan Masyarakat

Mereview tulisan-tulisan di blog ini setelah beberapa waktu, dapat dilihat karakteristik pembaca maupun yang dibaca. Blog ini didedikasikan untuk new bie alias pemula dalam bisnis online. Termasuk saya sendiri. Setiap hal baru yang saya temui, saya buat tulisan dan ditampilkan di blog. Atau bisa juga artikel yang sejalan dengan blog ini saya tampilkan juga.

Ada satu tulisan yang menduduki thread tertinggi, yang membahas pengaruh hp, facebook bagi perkembangan remaja. Setidaknya hal ini menunjukkan ketertarikan masyarakat seberapa besar pengaruh gadget canggih pada remaja. Manakah yang lebiih besar pengaruhnya antara positf dan negatif.

Kehadiran teknologi internet dan transfer data nirkabel memberi dampak luar biasa. Memudahkan transaksi jual beli hingga bermunculan banyak toko online dan fitur-fitur online lain. Namun demikian, bahaya pun mengintai jika teknologi itu berada di tangan yang salah. Laksana pisau, bisa untuk membuat bumbu masakan lezat hingga memisahkan jasad dari nyawanya.

Oleh karenanya, keterkaitan remaja (bahkan semua tingkatan umur) dan teknologi internet harus diarahkan pada hal-hal positif. Dalam tulisan tersebut salah satu yang bisa dilakukan adalah berbisnis menggunakan HP. Dengan demikian, hp tidak sekedar aset beban tapi juga bisa menjadi aset produktif.

Berikutnya, tulisan yang baca dibaca adalah seputar penghasilan online, tips pengusaha sukses, dan investasi. Kondisi ekonomi yang kuat dipengaruhi inflasi lama-kelamaan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kemandirian dalam mencari penghasilan. Yang pada titik tertinggi adalah pengusaha. Pengusaha menjanjikan penghasilan tak terbatas. Namun demikian, perjuangan menjadi pengusaha tidaklah mudah. Makanya, tulisan seputar pernak-pernik pengusaha juga laris manis.

Internet pun bisa dijadikan ladang bisnis. Jika menekuninya bahkan bisa kaya raya dengan bermodalkan internet. Makanya sekarang muncul istilah netpreneur, entrepreneur berbasis jaringan internet. Tulisan-tulisan ini saya kelompokkan dalam bisnis online.

Satu lagi yang mendapat animo besar, apalagi kalau bukan yang gratisan? Benar, sesuatu yang gratis memberikan keuntungan tersendiri. Namun tidak lantas memberikan semua yang diinginkan. Blog ini pun saat ini masih mengandalkan hosting gratisa karena beberapa pertimbangan. File-file gratisan tersebut bisa diperoleh pada halaman download.

Toko Online
Tidak punya modal atau kalaupun punya terbatas bukanlah penghalang bagi pengusaha sejati. Salah satunya ya dari file gratisan atau kalaupun berbayar ya yang masih sopan-sopan aja. Sebagai contoh, saya mengelola toko online spesialis cloth diaper a.k.a clodi alias popok kain modern bernama clodaclodi.com. Tadinya dengan menggunakan wordpress (WP) semua akan berjalan lancar. Ternyata untuk membuat toko online berbasis WP e-commerce (WPEC) yang powerful dan kompak harus merogoh kocek lebih dalam. Memang banyak fitur yang disediakan tentunya ada harga untuk itu semua.

Di pikiran saya, namanya toko online sebisa mungkin mengurangi kerja manual misal mengecek data ini itu di banyak sumber. Dengan adanya tool, seharusnya manusia hanya berfungsi sebagai pembuat sistem dan pengontrol. Tak perlu lagi mengecek ongkos kirim, ke kota mana, beratnya berapa. Idealnya semua itu sudah bisa dilakukan oleh toko online.

Itulah kesulitan saya ketika membangun toko online menggunakan WPEC, tidak ada modul pengiriman yang bisa otomatis menentukan biaya kirim. Toko online yang semi manual adalah hanya menampilkan harga produk saja. Sedangkan ongkos kirim akan dicek dahulu baru total harga produk dan biaya kirim diinformasikan lebih lanjut untuk proses transfer pembayaran. Ketika itu, kesulitan saya terjawab oleh open source software prestashop yang dibangun khusus untuk aplikasi toko online.

Saat ini PS sudah sampai versi 1.5. Kelebihan PS adalah fiturnya yang kompak sekalipun versi gratisannya, silakan lihat clodiztwocom. Dalam satu halaman bisa menampilkan semua fitur sebuah toko. Fitur-fitur tersebuat antara lain pilihan bahasa, keranjang belanja, display produk plus harga, form pemesanan, daftar pemasok (suplier), total pembelian, produk terlaris dan masih banyak lagi.

Satu lagi fitur yang tidak saya temukan di software lain yaitu loop pembelian, yaitu urutan langkah pembelian. PS mendefinisakn sebuah proses pembelian sebagai berikut:

Urutan Proses Pembelian di Toko Online Berbasis Prestashop

Semua proses harus dilengkapi untuk bisa menyelesaikan pemesanan. Salah satu saja lewat maka prose pembelian gagal. Satu tahapan yang krusial adalah pemilihan cara transfer dan kurir pengiriman. Semua modul sudah tersedia, ketika instalasi sudah benar maka notifikasi terakhir sudah menjadi sbuah invoice berisi nama pembeli, alamat pengiriman, bank tujuan transfer, besar uang transfer, kuris jasa pengiriman, nama barang, hingga berat dan biaya kirim. Sangat canggih bukan? Oleh karenanya tidak heran jika di tahun 2010 PS terpilih sebagai software terbaik toko online. Ketika tulisan ini dibuat, toko online aktif sberbasis PS sudah mencapai 100ribu lebih. Luar biasa.

Pesan saya, kalau serius mau pakai PS untuk toko online, harus tahan banting apalagi jika belum begitu paham bahasa pemrograman. Banyak setting harus dilakukan sebelum bisa tampil sempurna. Seperti saya kutip di awal, semua ada harga yang harus dibayar. Jika ingin yang praktis, tinggal pesan saja ke jasa pembuat toko online, rata-rata seminggu jadi.

Namun jika semua diawali dari proses dan banyak tantangan yang ditemui tentu akan memantapkan langkah kita dalam berprises menjadi netpreneur. Dan yang tidak bisa diganti adalah kepuasan batin ketika bisa menyelesaikan setiap masalah yang menyapa. Yakinlah bahwa beserta kesulitan selalu ada kemudahan bersamanya. Inna ma’al ‘usri yusro; fa inna ma’al ‘usri yusro.

  1. November 2, 2011 at 3:56 am

    langkah pertama untuk menciptakan toko online gmn ya pak? mhn bimbingannya… mkash

  2. November 3, 2011 at 3:12 am

    Kalo menurut pengalaman pribadi kira2 seperti ini:
    1. Hobi atau ketertarikan.
    2. Akses terhadap produk, apakah bikin sendiri atau ambil dari orang. Kalaupun ambil dari orang apakah konsinyasi atau beli-putus. Tentukan untung ruginya.
    3. Survei pasar. Baik pasar fisik (orang2 dalam jangkauan baik dekat maupun jauh) dan bisa juga pasar non-fisik yaitu yang murni mengenal dari web. Ttg survei pasar di internet ada tulisan tersendiri.
    4. Buat jaringan, baik untuk pemasaran atau mendapat info terkini seputar produk yg dijual
    5. Promosi/iklan. Iklankan produk kita pertama kali ke keluarga, temen dekat, baru ke khalayak ramai.
    6. Memilih software yg digunakan untuk toko online. Apakah mau bikin sendiri atau menyewa jasa pembuat toko online. Hitung untung ruginya. Sbg referensi silakan baca female.kompas.com/read/2011/11/01/16170771/Bisnis.Online.Modal.Minimal.Keuntungan.Maksimal
    7. Optimasi web. Kunci utama sukses jual beli online adalah optimasi dan keuletan. Optimasi adalah bagaimana mesin pencari mengarah ke web kita. Dan keuletan diperlukan untuk menghadapi semua persoalan yg mungkin muncul.
    Jangan lupa juga tentukan mau model toko online manual (kontak via tlpun/sms) atau otomatis (tinggal klik, sudah muncul tagihan dan alamat pengiriman). Contohnya clodaclodi.com. Ada software khusus toko online namanya prestashop, silakan baca ulasannya di sini http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/10/26/toko-online-kompak-berbasis-prestashop/
    semoga tidak kebanyakan jawabnya.

  3. November 15, 2011 at 12:04 am

    terima kasih , info nya sangat membantu

  4. December 4, 2011 at 6:06 am

    Wah terima kasih atas artikelnya.
    Mau menambahkan, mengenai tarif pengiriman di WordPress E-Commerce, sudah ada 2 plugin yang sangat membantu:
    – WPE Indoshipping, dan
    – JNE Indo Shipping

    • abbaz
      December 4, 2011 at 12:28 pm

      trims infonya. btw, plugin itu gratis apa bayar ya? Trus kalu theme yg gratisan uda ada yg baru blum?

  5. March 12, 2012 at 12:12 am

    artikel yang bermanfaat , salm kenal dan sukses selalu…….

  1. October 16, 2011 at 5:58 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: