Home > SEO, Website Bisnis > Perlukah Mengubah Content Web setelah Menghapusnya di Google Webmaster?

Perlukah Mengubah Content Web setelah Menghapusnya di Google Webmaster?

Bagi sohib blogging, crawl error yang dihasilkan oleh google webmaster tentunya sangat mengganggu kinerja web/blog. Selain menambah file tak berguna juga menurunkan akreditasi web tersebut. Tapi inilah keuntungannya kita mendaftarkan web ke google webmaster, setiap ada URL error langsung diinformasikan dan dapat di hapus. Dengan menghapus kandungan URL error tersebut, diharapkan kinerja SERP web kembali menunjukkan performa yang bagus.

Lantas, apakah cukup dengan mendaftarkan URL request removal saja? Untuk kepraktisan, bisa dicek 90 hari sejak sohib membuat permintaan tersebut. Cukup lama bukan? Untuk lebih memastikan bahwa URL error benar-benar musnah dari web kita, perhatikan kriteria dibawah ini:

  1. Menghapus halaman (page) atau gambar (image). Ada tiga metode untuk menghapus kedua macam file ini, yaitu sbb: (a) Pastikan content tersebut tidak ada lagi di web. Setiap URL yang mengarah ke file tersebut harus mengarah ke HTTP 404 (not found) atau 410; (b) Mengeblok content menggunakan file robots.txt; (c) Mengeblok content menggunakan meta noindex tag.
  2. Menghapus directory dan content-nya, atau keseluruhan web. Sohib harus memastikan bahwa halaman yang ingin dihapus telah diblok menggunakan file robots.txt. Dengan mengarahkah ke 404 saja tidaklah cukup sebab bisa saja sebuah directory mengarah ke 404 sementara kebilangan file pada URL tersebut. Menggunakan robots.txt untuk mengeblok sebuah directory memastikan bahwa semua anakannya diblok (disallowed) dengan baik.
  3. Menghapus cached copy of a page. Sohib harus menambahkan meta noarchive tag di halaman (page) tersebut atau mengubah content halamannya. Secara umum, gunakan meta noarchive tag jika sohib ingin penghapusan cache-nya permanen. Dan mengubah content halaman jika ingin penghapusannya hanya sementara hingga Google kembali melakukan crawl terhadap halaman tersebut dan memperbarui cache dengan content terbaru.

DIsarikan dari: Google Webmaster Tool Help

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: