Home > SEO, Website Bisnis > Tips Menaikkan Pagerank

Tips Menaikkan Pagerank

Keren! Hebat! Bersyukur! Kenapa? Jawabannya karena blogku telah diakui oleh google. He..he…he… Dulu, aku gak pernah ngurus berapa pagerank (PR) blogku tapi setelah jam terbang browsing meningkat, aku jadi ngeh kalo PR itu pentng. Ya…setidaknya mengukur expertiseku di bidang blogging. Alhamdulillah, blogku akublogdanfulus.wordpress.com sekarang PR 1. Sementara blog pertamaku sinergipositif.wordpress.com aja PR masih ndok dewa alias nol.Ini adalah prestasi pertamaku dalam blogging.

Pagerank 1

Gimana sih caranya naikin PR? Berikut adalah kisah nyata blogku:

  1. Posting. Buat posting setidaknya dua kali seminggu. Kalo sempat kelewat, bikin aja sebulan minimal dua kali posting. Hingga bulan keenam, rata-rata tiap bulan aku posting 8 Kali. Setiap posting jangan lupa lakukan ping.
  2. Webmaster tool.Pastikan blog sohib sudah terdaftar di webmaster tool, khusunya google karena google yang mengeluarkan PR. Webmaster tool memastikan setiap update blog kita bisa dikenali oleh search engine, tidak hanya google. Secara tidak langsung, webmaster tool sebanding dengan traffic. Sebelum terdaftar di webmaster tool, rata-rata traffic blogku dibawah 10 perharinya.
  3. Internal link. Internal link akan memudahkan mesin pencari untuk mendeteksi artikel yang saling mendukung.
  4. Original Posting.Masih terkait dengan tips nomor satu di atas. Selain frekuensi posting, usahakan membuat tulisan orisinil. Hal ini wajar diketahui jika karya sendiri memang lebih berharga dari yg bukan orisinil. Kalo terpaksa masih kesulitan membuat artikel, boleh juga copy paste tapi jangan lupa tulis sumbernya biar gak jadi plagiator. Penyakit nw bie adalah kurang ide dan males nulis. Dengan berjalannya waktu, frejuensi dan kualitas tulisan akan meningkat dengan sendirinya.
  5. Backlink. Banyak yang bilang backlink berpengaruh besar pada kenaikan PR. Kalo pengalamanku, tidak sepenuhnya benar. Bandingkan saja, sinergipositif punya backlink sebanyak…. Sedangkan akublogdanfulus punya backlink hanya 5 buah. Untuk mengetahui jumlah backlink, KLIK DI SINI.
  6. Traffic. Traffic tentu membantu penilan PR, semakin banyak traffic akan semakin banyak ilmu yang kita dapet dari komentar yang masuk. Jangan lupa perbanyak blog walking juga untuk belajar ilmu blogging dan…jangan lupa tinggalkan komentar. Salah satu program untuk menaikkan traffic adalah http://www.freeviral.com/?r=369808.
  7. Alexa rank. Ini mungkin yang jarang dibahas, tapi setidaknya cukup menjadi parameter kualitas PR. Khan sama-sama rank, hanya bedanya PR buatan google dan alexa punya sendiri. Untuk new bie, monitor aja blog sohib di alexa, setidaknya sampe rank 3juta global kalo mau naik PR. Kalo udah settle PR 10 itu artinya sohib uda maestro dalam dunia blogging. Selain itu, naik turunnya PR mungkin bisa dipantau dari alexa. Saat tulisan ini dibuat, alexa rank-nya 2.984.766 dan enam bulan yang lalu masih 25 jutaan.

Itu aja dulu deh. Masih mau belajar lagi ni biarnya PR blogku dapet 10plus.

  1. February 15, 2012 at 12:00 am

    Artikel yang menarik sob??? -;)

  2. February 26, 2012 at 6:45 pm

    bermaanfaat infonya buat saya yang pemula🙂
    salam kenal mas/mba admin🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: