Home > Bisnis online > Pawang Informasi dan Iklan

Pawang Informasi dan Iklan

ilustrasi

Saat ini, banyak orang bilang adalah eranya informasi dan komunikasi. well, tentu tidak sepenuhnya salah. Orang menilai seperti itu karena memang itulah yang terlihat di permukaan. Coba hitung, di media masa televisi, koran, majalah, dan internet, berapa banyka informasi yang disajikan? Follow up dari informasi itu adalah adanya komunikasi antara pembaca info iklan misalnya dengan si pemasang iklan. Ujung-ujungnya, duit deh.

Dulu, saya berpikir bagaimana google bisa mendapatkan uang dari jasanya menyediakan email gratis, googleearth, googlemaps, googletranslate, dll. Setelah sedikit berkenalan dengan google adworks, rasanya tidak salah memang demikian. bagaimana tidak? google dikenal dengan search engine nomor wahid saat ini. Teman-teman saya sering memberi nama ‘mbah gugel‘ sebagai aliasnya. wow keren.

Google adworks merupakan jasa pemasangan iklan agar lebih mudah dikenali oleh robot pencarian milik google ini. Jika kita membandingkan dua web toko online, sebut saja A dan B. A menjalankan bisnisnya tanpa beriklan di adworks dan B memasarkan produknya di adworks. Ketika seseorang memasukkan keyword di SEO google, tentu saja B akan lebih mudah dikenali karena terdaftar di database google. Bisa saja B tampil di halaman satu dan A baru tampil di halaman 5. Tentunya, dengan tampil di halaman satu embaca lebih mudah mengenalinya.

Konten Lokal

Lantas bagaimana dengan yang di Indonesia? Aada kemiripan di sana. kita kenal berbagai media informasi dan bisnis. Sebut saja detik.com, vivanews.com, kompas.com, dan dotcom-dotcom lainnya. Semua laman iu bsia eksis karena banyak diakses pengguna internet, karena itulah banyak yang pasang iklan di sana. Saya tidak tahu persis berapa penghasilan setiap laman informasi dan iklan itu. Hanya saja, saya pernah menanyakan tarif iklan di situs informasi islam yang tergolong besar di Indonesia eramuslim.com dari total model iklan dan tarifnya iseng-iseng saya jumlah saja. Dan fantastis, angkanya mencapai 470juta per bulan. Itu baru dari tarif penayangan iklan, belum ditambah jasa desain iklan dan yang lainnya. Melihat ceruk pasar yang luar biasa besarnya ini, mungkin akan semakin banyak muncul laman informasi dan iklan di indonesia.

Tips pasang iklan

Sebagaimana iklan offline di media cetak, tentu orang akan memasang iklan di media yang banyak pembacanya dengan harapan memperbesar peluang pencari barang/jasa yang diiklankan. Sebut saja poskota di jakarta dan sekitarnya, pikiran rakyat di bandung, dan masih banyak lagi. Koran-koran itu rela mencetak belasan bahkan puluhan halaman berisi iklan, baik baris maupun full color. Demi fulus tentunya, walaupun ada juga berita di dalamnya.

Demikian halnya memasang iklan di internet. Kita harus pintar memilih media iklan yang prospektif. Salah satu medianya adalah mengenali laman mana yang memiliki jumlah kunjungan (date) yang tinggi. Alexa.com menyediakan data ini. Ketika tulisan ini dibuat, berikut adalah ranking laman ternama di indonesia

Nama/Rank Internasional/Rank Nasional

Detik.com/551/10

Kompas.com/684/12

Vivanews.com/962/14

Eramuslim.com/13.474/183

lainnya? anda bisa cek sendiri di alexa.com. Selamat berselancar!

Categories: Bisnis online Tags: , , ,
  1. December 20, 2010 at 9:31 pm

    Info yang bagus untuk pemula seperti saya, tapi dengan komitmen dan kerja keras semuanya akan lancar dan dapat memberi penghasilan tambahan, bahkan bisa jadi usaha mandiri

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: